Senin, 18 Juli 2016

Makanan Tradisional Korea Selatan


Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh Seoul...
03 Juli 2016

Hallo Sahabat Pejalan, apa kabar??? semoga senantiasa baik dan sehat yaa... kali ini saya mencoba menulis beberapa kuliner Korea Selatan yang kemarin sempat saya coba, antara lain sebagai berikut :

1. Bibimbap adalah masakan Korea berupa nasi putih dengan lauk diatasnya. Bibim artinya campur dan bap artinya nasi, jadi bibimbap artinya nasi campur ala Korea.
Asal - usul bibimbap ada yang mengatakan bahwa makanan ini dibuat dari sesaji yang dipersembahkan pada arwah leluhur, Bibimbap dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang dipanaskan. Panas dari mangkuk akan mematangkan telur mentah yang diletakan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum  nasi dimasukan, dituangkan terlebih dahulu minyak wijen di dasr mangkuk batu agar berbentuk  lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk. 

Bibimbap

Bibimbap Chicken
2. Bulgogi adalah masakan daging asli Korea. Daging yang digunakan adalah daging sapi yang bagus (sirloin), menu ini dibuat dari irisan daging sapi yang dicelupkan dalam saus yang dibuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap dan lain-lainnya. Rasanya sepertisepotong daging gurih, manis dan lezat. Di Jepang makanan sejenis ini disebut yakiniku. Tetapi, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis, air pada bumbu cukup banyak sehingga daging dipanggang di atas panci datar.

Bulgogi
3. Kimchi adalah makanan yang terbuat dari sayuran segar yang di fermentasi dengan beranekaragam jenis bumbu hingga menghasilkan kombinasi rasa pedas, asam, asin, dan sedikit manis. Jenis sayuran yang biasa dipakai untuk membuat kimchi adalah sawi putih, kubis, lobak dan timun. Sedang bumbu yang perlukan untuk membuatnya  adalah bubuk cabai, bawang merah, bawang bombay, daun bawang, saus ikan, pasta udang, dan bahan-bahan lainnya. 
Kimchi selalu dibuat banyak, pada zaman dahuluorang-orang Korea membuat kimchi saat pada masa panen sawi putih yaitu musim dingin dan dijadikan persediaan makan selama satu tahun hingga musim dingin berikutnya. Karena terbuat sayur-sayuran  segar kimchi termasuk jenis makanan sehat. Sayuran yang telah di fermentasi akan menghasilkan bakteri Lacthobacillus yang baik bagi pencernaan. Kadar seratnya  bagus bagi kesehatan tubuh. Kini kimchi telah mendunia dan tak hanya menjadi makanan tradisional maupun nasional, perannya sangat penting  dalam menunjang wisata kebudayaan dan kuliner khas Korea, cara menyajikannya pun beragam mulai dari nasi goreng kimchi, sup kimchi, kimchi stew dan pancake kimchi, monggo silahkan dicoba jika berkunjung ke Korea Selatan.

Kimchi
Saya hanya mencoba tiga kuliner tersebut, mengingat saat kesana sedang menjalankan ibadah puasa. 

Sampai jumpa diperjalanan berikutnya Sahabat Pejalan...

Wassalamulaikum....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kopka Kedai Favorit Di Margonda, Depok

Ada yang tahu nggak kalau ada kedai kopi asik di Margonda, Depok? Jawabannya ada, kedai kopi yang asik banget buat nongkrong, ngerjain...