Senin, 08 Juli 2019

Serunya Naik KA. Fajar Utama YK

Pagi itu aku berangkat dari rumah sekitar pukul 04.45 lepas Subuh menuju Stasiun Pasar Senen dengan mengunakan ojek online. Jarak dari rumah menuju stasiun lumayan jauh jadi, aku prepared waktu lebih awal agar tidak terlambat.

Mari Memulai Hari
Foto Credit Bang Ju (travelingwithjuan.com)

Antrian Boarding St. Pasar Senen Jakarta

Rangkaian Baru KA. Fajar Utama YK

Aku mengambil handphone dan mulai chat Bang Juan dan Kang Aip, memberi kabar bahwa sudah berangkat menuju stasiun, karena meraka berdua akan berangkat bersamaku. Pukul 05.30 aku tiba di stasiun berjalan menuju ruang tunggu, lalu memberi kabar kembali. Tak berapa lama aku sudah berjumpa dengan Kang Aip didepan stasiun.

Lalu Kang Aip bertanya,  “ Mana Juan?”

Aku menjawab “Baru otw dengan ojek”,

Aku dan Kang Aip langsung beranjak menuju lokasi antrian penumpang untuk boarding, karena sudah ada pengumuman penumpang KA. Fajar Utama Yk dipersilahkan untuk naik ke atas kereta. Sambil menunggu Bang Juan yang masih dalam perjalanan aku boarding duluan. Tak berapa lama kami sudah boarding dengan sistem KAI Access, maklum ndak ke foto karena ketika akan foto telpon berdering dari Bang Juan. Bang Juan memberi kabar sudah tiba di stasiun dan menawarkan nasi uduk untuk sarapan, langsung aku iyakan saja.

Kang Aip Boarding dengan KAI Access
(AriefPokto.com)

Sambil menunggu Bang Juan, aku lalu ke gerbong KA. Fajar Utama Yk Ekonomi Premium 2 dengan nomor kursi 12D menyimpan ransel, lalu kembali turun untuk menunggu Kang Aip yang hendak ambil video disamping kereta. Maklum aku dan Bang Juan digerbong yang sama sedangkan Kang Aip berbeda. Kang Aip mengunakan kelas eksekutif, sedangkan aku dan Bang Ju kelas ekonomi premium.

Waktu sudah menunjukkan pukul 06.10, lalu aku berbegas naik bersama Bang Juan, lalu berjanji akan bertemu kembali dengan Kang Aip di restorasi untuk sarapan. Aku dan Bang Juan berpisah kursi dan saling membelakangi. Bang Juan salah prediksi, diperkirakan kursi 11D dan 12D KA Fajar Utama Yk adalah berhadapan, nyatanya saling membelakangi. Tak apalah pikirku, tak jauh juga jika ingin berbincang.

Pemandangan Kelas Ekonomi Premium Stainless Steel

Kereta Fajar Utama Yk  Jurusan Pasar Senen – Tugu Yogyakarta PP sudah mengunakan rangkaian baru yaitu dengan kereta baru eksterior stainless steel bergaris orange, terdiri dari :
a.      2 kelas eksekutif stainless steel,
b.      6 kelas ekonomi premium stainless steel,
c.       1 kereta makan,
d.      1 kereta pembangkit.

Musholla KA. Fajar Utama Yk

Penampakan Musholla dan Sjadah di KA. Fajar Utama Yk

Kesan pertama yang aku alami dari sebelumnya, kursi –kursinya baru lengkap dengan colokan listrik untuk handphone dan laptop, tempat bagasi diatas kursi, penutup kaca atau horden dengan sistem tarik (hati-hati ya ketika menarik penutup kaca, kalau tidak bisa lebih baik meminta tolong petugas daripada merusak fasilitas publik), AC yang dingin, TV, terdapat toilet disetiap rangkaian dengan satu toilet duduk dan jongkong, lengkap dengan westafel, sabun cuci tangan, tisu, kotak P3K, sewa bantal, kontak kondektur yang bertugas (jadi jika kamu membutuhkan segala info bisa sms kondektur), dan terdapat musholla lengkap dengan sajadah dan sandal untuk wudhu letaknya dekat ruang restorasi sehingga perjalanan lancar, ibadah pun dapat ditunaikan.

Pintu Toilet KA. Fajar Utama Yk

Toilet Jongkok, lengkap dengan westafel, sabun dan tisu

Toilet duduk lengkap dengan westafel,sabun dan tisu

Restorasi KA.Fajar Utama Yk pun baru terdapat ada enam meja dengan kursi berhadapan, serta satu yang menghadap kaca seperti yang aku pakai bersama Bang Juan, jadi sambil makan dapat melihat pemandangan diluar. Tapi ingat jangan terlalu lama duduk disana, karena penumpang lain pun akan makan jadi saling tenggang rasa untuk bergantian.

Ruang Restorasi KA. Fajar Utama Yk

Menu-menu direstorasi pun menarik antara lain seperti :

Nasi Goreng, Nasi Ayam Geprek, Nasi Rendang, Nasi Jamblang, Popso (kemarin aku nyoba Popso untuk penghangat), dan terdapat minuman seperti kopi, teh dan aneka cemilan. Untuk makanan dan minuman kamu bisa pesan via SMS atau Whatssap di | 0811 – 1755 – 121 dengan format Pemesanan : Kode Booking / Menu yang dipesan / Jumlah Pesanan / Waktu Penyajian |, mudah bukan jika kamu malas jalan menuju restorasi.

Macam-macam Menu di Kereta

Teh Hangat teman diperjalanan

Popso teman sarapan di kereta

Benar – benar dinyamankan saat kita mengunakan jasa transportasi kereta api sekarang, dari fasilitas, kebersihan, keamanan, pelayanan dan kemudahan via mobile online (KAI Access),  dalam genggaman untuk informasi, pembelian tiket dan pembatalan tidak perlu datang ke stasiun seperti dulu.

Perjalanan aku kali ini menuju Purwokerto untuk undangan acara JUGURAN BLOGGER 2019 yang diadakan oleh BLOGGER BANYUMAS, Jawa Tengah. Jakarta – Purwokerto ditempuh lebih kurang 5 jam saja, tak terasa aku bilang ke Bang Ju sudah mau sampai saja. Mungkin karena aku begitu menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan area persawahan yang menghijau dan hamparan gunung nan cantik, membuat terapi mata.

Pemandangan Sepanjang Perjalanan dengan KA. Fajar Utama Yk

Alhamdulillah pukul 11.18 KA. Fajar Utama Yk tiba tepat waktu di stasiun Purwokerto, aku lalu mengambil handphone untuk memberi kabar Kak Olipe. Tak berapa lama aku keluar stasiun bersama Bang Ju dan Kang Aip, lalu berjumpa dengan Mas Pradna, Ibuk Terry dan Kak Olipe, sambil nanti malam menunggu Dita.

Itulah cerita perjalanan  aku dengan KA. Fajar Utama Yk, semakin seru ketika kami sudah berkumpul untuk makan bersama diselingi canda tawa. Simak terus perjalananku di Purwokerto ya kawan-kawan dan jangan lupa gunakan terus transportasi publik seperti kereta untuk menjadi sarana perjalananmu.