Selasa, 19 Juli 2016

Seoul Central Mosque

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...
Annyong Haseyo....
Guten Morgen Seoul....
04 Juli 2016
Hari kedua di Seoul, badan mulai beradaptasi dengan cuaca disini. Bulan Ramadhan tahun ini  di Korea Selatan jatuh pada musim panas, dimana waktu siang lebih panjang daripada malam yang saya alami. Perbedaan waktu antara Jakarta dan Seoul hanya 2 jam, Seoul lebih dahulu daripada Jakarta. Saya menjalankan ibadah puasa lebih kurang 17 jam, dengan jadwal puasa pada tanggal 04 Juli 2016 sebagai berikut :
Subuh (Fajar) : 03.23
Terbit               : 05.16
Dzuhur             : 12.37
Ashar                : 16.30
Magrib             : 19.57
Isya                   : 21.42
ALLAHU AKBAR
Ornamen Seoul Central Mosque
Dimana saya baru melaksanakan Sholat Isya berjamaah di Seoul Central Mosque hampir jam sepuluh malam dilanjutkan Sholat Tarawih, hingga tiba di hotel tempat saya menginap larut malam. Oh ya bagi sahabat pejalan jika berkunjung ke Seoul jangan lupa mampir ke masjid ini. Di sekitar masjid juga banyak terdapat makanan halal. 
Seoul Central Mosque, terletak di Itaewon sebuah kota di Seoul dengan ciri khas budaya luar Korea, dimana dahulu merupakan tempat tinggal tentara Amerika Serikat pada masa Perang Korea tahun 1950 - 1953. Ketika saya datang kemarin pada bulan ramadhan sehingga masjid ini ramai setiap harinya, 
Masjid ini didirikan pada tahun 1976, sudah cukup lama disebuah negara usai perang. Masjid yang terletak di Itaewon, Seoul ini tak lain merupakan bangunan bergaya Timur Tengah dan disini terdapat dua menara tinggi di tengahnya terdapat tulisan berwarna hijau bertuliskan "ALLAHU AKBAR" 
Suatu keberkahan bagi saya dapat merasakan akhir Ramadhan di negara ini, merinding saat pertama kali masuk ke masjid ini, seperti ada jiwa yang menyatu "feel like home".  Masjid ini terdiri dari 3 lantai, lantai dasar digunakan sebagai Kantor Pusat Pengkajian Islam dimana ditemukan Kantor Federasi Muslim Korea. Masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah semata, namun juga sebagai tempat belajar Islam bagi meraka yang berada di Korea. Masjid ini juga merupakan tempat berkumpulnya organisasi-organisasi Islam. Untuk tempat ibadah sholat dan ibadah lainnya ada di lantai 2 dan 3. 
Seoul Central Mosque tidak melarang masyarakat non muslim untuk berkunjung, namun bagi sahabat pejalan yang ingin melihat arsitektur masjid ini mesti menganti pakaian  yang sopan. Pakaian disediakan di Masjid ini. Masjid ini bisa menampung lebih kurang 800 jemaah sholat Jum'at, para jemaah biasanya para pekerja disana, para duta besar dan diplomat yang beragama Islam. Sholat Jum'at disini dengan khutbah dalam 3 bahasa yaitu arab, Inggris dan Korea.

Lokasi Masjid Raya Seoul
Beralamat di : 732 - 21, Hannam 2 - dong, Yongsan - gu, Seoul, South Korea (berada disebelah barat Kedutaan Besar Malaysia) Telp : 82 (2) 794 - 7307 dan Fax :82 (2) 798 - 9782.
*note : Jika ingin berkunjung ke Masjid Raya Itaewon, Seoul  ini bisa mengunakan Jihacheol atau kereta bawah tanahnya Korea. Naik Metro di Line 6 exit 3*. 
Sampai jumpa sahabat pejalan diperjalanan selanjutnya.  وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kopka Kedai Favorit Di Margonda, Depok

Ada yang tahu nggak kalau ada kedai kopi asik di Margonda, Depok? Jawabannya ada, kedai kopi yang asik banget buat nongkrong, ngerjain...