Sabtu, 16 Juli 2016

Perjalanan KL – Had Yai (Thailand) part-1


Assalamualaikum…
27 Maret 2016
Perjalanan solo backpacking kali ini dilanjutkan dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Had Yai Thailand via bus, ada berbagai cara menuju Thailand bisa dengan pesawat, bus dan sleeper train.  Nah berhubung ingin menghemat budget sehingga saya memilih naik bus saja walau sempet cek jadwal kereta juga dan masih ada beberapa moda transportasi lainnya. 
Beberapa sharing tentang perjalanan dari Kuala Lumpur (Malaysia) menuju Had Yai (Thailand) :
1.       Cek Promo tiket pesawat murah
Manfaatkan promo tiket murah menuju Had Yai dari Kuala Lumpur. Had Yai sendiri memiliki bandara lokal dan internasional, jadi para Pejalan atau Backpacker dapat  membeli tiket pesawat jauh - jauh hari  agar mendapat harga yang murah. Bisa dicek di website  : http://www.airasia.com/id/id/home.page?cid=1
2.      Kereta Api
Jangan khawatir jika tidak mendapat tiket pesawat murah, perjalanan dapat dilanjutkan dari Kuala Lumpur (Malaysia) – Had Yai (Thailand) dengan kereta. Kereta akan berangkat dari KL Sentral dan tiba di Stasiun Had Yai.
·         Jadwal keberangkatan (Train Number/Name : 20 Senandung Langkawi Departure Time : 00.20 Malaysia time Arrival Time : 11.20 Thai Time. Harga untuk kereta duduk ber-AC RM48, kereta tidur ranjang atas RM54 dan kereta tidur ranjang bawah RM60
·         Jadwal Keberangkatan ( Train Number/Name : 20 Express Peninsular Depart Time  00.15 Malaysia Time Arrival Time : 11.15 Thai Time. Ada dua kelas didalam kereta ini   - Superior Night Class RM58 (A) dan RM39 (C)
- Superior Class RM46 (A) dan RM27 (C)
Note : untuk KL – Thailand terdapat kereta lintas negara bisa dicek di website : http://www.busonlineticket.com/booking/ktm-train-tickets.aspx  
3.      Transportasi Bus
Ada banyak bus yang menawarkan perjalnan ke Had Yai, tetapi saya memilih naik Bus Sri Maju harga RM45 dari terminal Puduraya Malaysia – terminal Had Yai Thailand berangkat jam 22.00 Malaysia Time Tiba 07.00 Thai Time busnya sangat nyaman, dingin dan tenang sehingga dapat beristirahat dengan tenang (oh ya jangan lupa pake kaos kaki dan jaket yah karena busnya dingin banget), Sekitar jam 05.00 pagi akan masuk imigrasi untuk pengecekan paspor di borderline Kuala Lumpur dan Had Yai.
Note : saranku untuk beli tiket bus di agen langsung jangan via calo terminal karena harganya mahal.
4.      Perjalanan selanjutnya saya menuju Bangkok mengunakan kereta, kalau kalian mengunakan kereta ini jadwalnya :
Had Yai, Kesatuan Express – Hua Lamphong Bangkok keberangkatan  ada jam 14.30 Thai Time tiba 09.00 pagi harga tiketnya terbagi beberapa :
·         Class 2 Sleeper-AC harga THB1065
·         Class 2 Sleeper-Fan harga THB825
·         Class 2 Ladies only harga THB1125
·         Class 3 AC harga THB925
·         Class 1 Sleeper harga THB1844
Untuk perjalanan Had Yai, Kesatuan Express – Bangkok dengan Bus ini jadwalnya :
·         Siam Lane Tour depart time 07.30 – 21.30 Southem Terminal, Bangkok Class VIP THB826
·         Siam lane Tour depart time 15.00 – 05.00 Southem Terminal, Bangkok Class Express THB708
Note : bisa dicek http://www.thairailways.com
5.      Mengunakan Mini Van berpenumpang 12 orang dari Had Yai – Bangkok via Travel Agent Love perjalanan 12 jam harganya sekitar THB750 per orang.
Tiket kereta sudah dipegang ditangan, keberangkatan masih sekitar jam 14.30, saya sempatkan untuk berjalan-jalan mencari makan dan cemilan. Di Had Yai masih banyak makanan yang halal dibanding di Bangkok, karena banyak penduduk Thailand Selatan yang muslim. Kalau kalian mampir Had Yai jangan lupa mencoba es teh tariknya yang enak dan Pad Thai (sejenis mie goreng pinggir jalan), saya juga sempat mencoba buah-buah segar yang dijual dipinggir jalan harganya sekitar THB10. Had Yai juga merupakan kota teramai ketiga di Thailand setelah  Bangkok dan Chiang Mai sangat menarik untuk di explore. Had Yai yang beribukotakan Songkhla memang sering dijadikan para backpacker atau pejalan sebagai kota transit baik menuju Bangkok maupun Malaysia.
Assalamualaikum....

Perjalanan dilanjutkan Aran menuju Bangkok part-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpul Bareng Menikmati Hostel SubWow di Bandung

Perjalananku selalu mempertemukan dengan orang – orang hebat yang sehati dan sefrekuensi, biasa aku penyebutnya begitu. Weekend kali ini t...