Rabu, 20 Juli 2016

Saya dan Karya Seni Berbau Inggris...

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh... 

Selamat malam sahabat pejalan 20 Juli 2016...

Hari ini pas keluar rumah lihat bulan pas banget "Purnama", langsung deh punya ide buat menulis tentang Inggris. Sambil duduk di depan teras rumah di temani terang bulan dan lagu Little Mix satu album (saya suka banget lagunya yang salute - bikin semangat sampai di putar berulang-ulang). Inggris adalah negara impian sejak kecil karena saya pengemar Lady Diana yang kini sudah almarhumah.


Entah mengapa, di otak kepala saya Inggris selalu di hati hingga kini selain Praha. Karena negara tersebut banyak karya seni yang dihasilkan, menurut saya "IMHO" bebas kalau menurut kalian. Sambil menikmati secangkir teh hangat dengan gula sedikit mari kita bahas tentang Inggris.

Inggris sebuah negara di Benua Eropa bagian barat, namun terpisah dari daratan utama benua Eropa.  Inggris merupakan salah satu negara yang cukup banyak mengisi bagian dari hidup saya. Negara yang bernama resmi United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, atau biasa disingkat dengan United Kingdom (UK) ini tak lepas menginspirasi saya, terutama dalam hal seni.

Saya akan bahas tentang beberapa hal yang berbau Inggris yang mengispirasi antara lain dari chef favorite, aktor, musik, buku.  Hal pertama yang akan saya tulis meliputi :

a. Donal Skehan

Pria kelahiran Dublin, Ireland 03 June 1986, merupakan salah satu chef favorite disalah satu program tv asing, karena kemahirannya dalam hal memadukan masakan di dapur, fotografi serta sikapnya yang rendah hati dan sopan dalam membawakan setiap acara. Untuk info lengkap tentang journal donal bisa cek di website http://www.donalskehan.com/ dan Instagramnya +Donal Skehan.

Donal Skehan
b. Muse 

Band musik favorite sejak masa kuliah, selain Queen. Awal denger di base camp Krisnapala kampus "Album Absolution" seperti menyihir di telinga. Trio Devon, Teignmouth ini adalah sebuah band rock modern Inggris yang mampu memadu alternative rock, symphony dan lirik yang cerdas menjadi sebuah lagu yang lengkap.  Tampilan live Matthew Bellamy yang mampu memainkan gitar dan piano bergantian serta bernyanyi, Chris Wolstenholme yang memegang bass dan backing vocal serta Dominic Howard di belakang drum mampu memuaskan penonton di setiap konsernya. Walau pun saya tidak pernah menonton secara live, tetapi menontonnya via Youtube saja sudah sangat puas, lagu yang menjadi favorite saya hingga kini adalah "hysteria" entah setiap mendengar lagu itu, semangat aja gitu untuk melakukan berbagai hal, menemani perjalanan dalam ipod hijau saya yang sudah lama banget. Konser live mereka yang saya suka adalah ketika di Wembley dan di Reading & Leeds. Untuk album, saya rasa semua album bagus. Tetapi jika ditanya mana yang terbaik, untuk saat sekarang saya lebih memilih Black Holes and Revelations. Salah satu konser membanggakan mereka adalah ketika live untuk Closing Ceremony London 2012 Olympic dengan membawakan lagu resmi Olimpiade, Survival. Sebuah konser megah dengan panggung Union Jack dan Koor energik di dalamnya. 

Muse Matt - Chris - Dominic
c. Queen

Siapa yang tidak kenal dengan band Queen. Band yang beranggotakan Freddie Mercury, Brian May, Roger Taylor dan John Deacon ini sukses mencirikan sebuah band rock Inggris pada masanya itu. Setelah lama vakum karena meninggalnya Freddie Mercury dan John Deacon, band ini akhir-akhir ini kembali tampil bersama Adam Lambert dan vokalis band Fun. Lagu yang mampu menyihir saya ketika secara tak sengaja mendengar “Bohemian Rhapsody”. Lagu yang cukup aneh dan tak biasa, tetapi saya langsung menyukainya dan tergila-gila dengan Queen. A Night At The Opera dan A Day At The Races adalah dua album yang saya sukai, sedangkan Bohemian Rhapsody, Millionaire Waltz, Good Old-Fashioned Lover Boy, Somebody To Love dan Under Pressure adalah beberapa single yang paling saya suka. Semakin bangga lagi dengan Queen, karena lagu We Are The Champions termasuk lagu Olimpiade terbaik sepanjang masa. 

Queen

d. Jason Statham

Aktor berkebangsaan Inggris yang lahir di Sydenham, 26 Juli 1967 ini merupakan aktor favorite saya selain Pierce Brosnan. Jason menurut saya sebagai sosok misterius, dingin, tidak banyak bicara dalam film-filmnya, seperti transporter, wild card dan saya sedang menunggu film terbarunya yang akan tayang di Indonesia pada Agustus mendatang berjudul "Mechanic Resurrection".

Jason Statham
e. Pierce Brendan Brosnan

Aktor kelahiran Navan, Ireland pada 16 Mei 1953 ini juga menjadi bintang favorite saya disetiap film-filmya. Pria flamboyan yang hingga kini belum ada yang menandinginya sebagai agen rahasia dalam "James Bond". Sejak 1995 - 2002 ia menjadi aktor kelima sebagai Bond dan film favorite saya setelah Brosnan tidak menjadi Bond adalah "November Man" walau diputar berulang kali saya tidak bosan menontonnya, aktingnya keren banget bersama Olga Kurylenko.

Pierce Brendan Brosnan
Beralih dari musik, film, dan dunia dapur mari kita lanjutkan membahas hobby saya yang lain yaitu tentang Buku. Inggris terkenal dengan beberapa penulis terkenal hingga ke masa sekarang. Di rak toko-toko buku tentu banyak karya Agatha Christie dan Sir Arthur Conan Doyle dengan seri detektifnya. Atau CS Lewis, JRR Tolkien dan JK Rowling dengan novel fantasinya. Lalu Ian Fleming dengan James Bond-nya. Dari beberapa penulis terkenal tersebut, ada dua penulis yang saya suka, yaitu JRR Tolkien dan Alan Moore.

f. JRR Tolkien

JRR Tolkien adalah seorang bapak novel High Fantasy dunia. Penceritaannya tentang saga Middle-Earth memang sungguh kompleks, hingga saya heran, ketika saya membaca pada sebuah bagian pemaparan, apa perlu bagian yang tidak terhubung langsung dengan alur utama cerita seperti ini diceritakan dengan sungguh detail? Deskripsinya mengenai kehidupan manusia, elf, dwarf, orc dan makhluk-makhluk lainnya di dunia Middle-Earth merupakan nilai tertinggi dari novel yang dirampungkan oleh anaknya, Christoper Tolkien, tersebut. Kadang saya berpikir, beberapa kebiasaan hobbit yang diceritakan di novel The Hobbit : There and Back Again, menggambarkan kebiasaan orang Inggris pada umumnya, yaitu teratur, suka minum teh, menghisap pipa dan memiliki adat dan sopan santun dalam menjamu tamu.
J.R.R Tolkien
g. Alan Moore

Yang kedua, mungkin tidak semua orang mengenalnya, tapi beliau adalah orang yang keren. Beliau adalah Alan Moore. Ketika sahabat pejalan membuka goodreads dan mencari the Best Graphic Novel, maka akan muncul sebuah judul buku bernama Watchmen. Buku tersebut adalah hasil karya Alan Moore dengan ilustrator bernama Dave Gibbons. Sebagai penggemar buku dan graphic novel, novel grafis Watchmen memang sungguh luar biasa. Paling tidak, buku ini mengubah cara pandang orang terhadap sebuah komik. Lalu karya lain seperti From Hell, V for Vendetta, Swamp Thing dan Batman : The Killing Joke adalah karya-karya yang sangat terkenal. Komik From Hell mungkin adalah sebuah komik peringatan atas peristiwa pembunuhan terkenal di Inggris yang bernama Jack the Ripper. Serta V for Vendetta adalah sebuah komik mengenai anarkisme dalam melawan terhadap pemerintah Inggris. Saya dengar V for Vendetta ada versi bahasa Indonesianya. Tapi susah sekali mencari buku bekasnya tersebut. Lalu ada juga Batman : The Killing Joke, yang membawa sisi Joker dalam cerita Batman. Cerita ini termasuk karya esensial dalam perjalanan The Cape Crusader selama ini.

Alan Moore

V For Vendetta
Tapi saya sangat suka dengan V for Vendetta keren banget juga filmnya, Ceritanya nendang banget buat keadaan Indonesia pada saat ini : pemerintah manupulatif dan totaliter. Itulah mungkin beberapa hal yang saya dapat dari Inggris. Walau cenderung banyak dari segi karya seni, tapi saya yakin banyak hal lain yang sudah saya dapat dari Negara tersebut walau mungkin tidak terasa efeknya.

Selamat malam, Selamat Tidur..."Mimpi Indah"

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ...




       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Press Conference Festival Pesona Lokal Adira Finance

Selasa, 07 Agustus 2018 saya menghadiri undangan Press Conference Festival Pesona Lokal persembahan Adira Finance bertempat di Ballroom l...