Minggu, 11 November 2018

Menikmati Keindahan Cagar Alam Pangandaran


Selepas mengikuti Festival Milangkala ke 6 Kabupaten Pangandaran, yang berlangsung 28 Oktober 2018 saya dan kawan -kawan #famtripwithpesona melanjutkan perjalanan menuju Pantai Batu Karas untuk melanjutkan perjalanan dengan kapal menuju Cagar Alam Pangandaran.





Di tengah perjalanan menuju lokasi Cagar Alam Pangandaran kami melihat ada kapal terbalik yang ternyata adalah kapal asing yang ditengelamkan oleh Ibu Susi Pujiastuti karena kasus ilegal fishing.

Tak butuh lama setelah diceritakan ABK kapal, kami langsung berlabuh di pantai pasir putih Cagar Alam Pangandaran, lalu berjalan menyusuri hutan rimbun yang sejuk ini. Tentu saya happy bermain dihutan. Tak berapa lama guide kami Kang Dede mengajak ke situs Batu Kalde yang merupakan peninggalan peradaban abad ke 8 hingga 16 SM. Situ Batu Kalde dalam Sunda Kuno berarti keledai/nanti atau sapi yang disucikan.





Pak Hery yang berprofesi sebagai juru kunci Batu Kalde menjelaskan bahwa penduduk asili Kabupaten Pangandaran adalah petani dan nelayan. Setelah berkunjung Batu Kalde perjalanan dilanjutkan menuju gua Parat atau gua Panggung nan mempesona.






Selepas mengunjungi gua perjalanan menyusuri hutan untuk kembali ke pantai, sepanjang jalan kalian akan menikmati kehijauan pepohanan yang rindang dan udara sejuk cagaalam. Cagar Alam Pangandaran memiliki luas 530 hektar yang kaya akan rusa dan monyet ekor panjang. 





Cagar Alam Pangandaran menjadi destinasi lain jika bosen ke Pantai, para wisatawan bisa mengunjungi dan menikmati cagar alam yang kaya akan flora dan fauna ini, dan dapat menjadi destinasi menarik bagi wisatawan asing dan domestik, setelah puas menyusuri cagar alam , kami pun kembali ke kapal dan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.




Perjalanan ini adalah undangan Kementerian Pariwisata Indonesia (www.indonesia.travel). Saya dan kawan-kawan blogger akan mengeksplore beberapa tempat wisata di Kabupaten Pangandaran. Silahkan cek foto-foto kegiatan di Instagam, Twitter dan Facebook dengan hashtag #Famtripwithpesona #FestivalMilangKala #PesonaPangandaran #PesonaIndonesia dan #WonderfulIndonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kopka Kedai Favorit Di Margonda, Depok

Ada yang tahu nggak kalau ada kedai kopi asik di Margonda, Depok? Jawabannya ada, kedai kopi yang asik banget buat nongkrong, ngerjain...