Kamis, 28 April 2016

Singapore Day 2 : Chinatown & Bumboat Ride at Clarke Quay

18 Maret 2016
Assalamulaikum…

Memasuki hari kedua di Singapore, bangun pagi, mandi dan sholat lalu keluar kamar untuk duduk – duduk sambil menikmati udara pagi di balkon hostel. Lepas itu lalu breakfast yang disediakan oleh hostel sambil membuka PC, mencoba cek email – email yang masuk serta memberi kabar IBu Bapak tentang keberadaanku.

Setelah itu di dekat hostel tempat saya menginap menjual tiket attractions dengan harga yang lebih murah. Saya membeli tiket Bumboat Ride. Harga aslinya $18 tapi saya dapat harga $16 saja, entalah kenapa penjualnya memberi saya discount. Hehe suatu keberuntungan saja. Disana juga menjual  tiket USS, Singapore Flyers, Singapore Zoo, dengan discounted price.

Sebelum berangkat menuju ke Chinatown, saya membeli Tourist Pass dekat counter tiket Bugis MRT. Tourist Pass ini memperbolehkan kita naik MRT atau Bus secara unlimited. Senangnya saya membeli pass untuk 2 hari penuh dengan harganya $16 (deposit $10 kembali setelah selasai cardnya dikembalikan). Akhirnya saya sampai juga di Chinatown MRT kira – kira jam 10 pagi dengan kamera yang sudah dicharge penuh.

Bangunan – bangunan di Chinatown sangatlah menarik buatku. Kiri kanan warna – warni. Di Melaka pun saya tertarik dengan bangunan - bangunan seperti ini. Chinatown disini juga sebagai UNESCO World Heritage Site, pemilik tidak boleh sesuka hati merenovasi bangunan. Mengingat tempat ini kaya sangat dengan budaya masyarakat Cina. Setelah berputar – putar lelah juga kaki, akhirnnya kembali lagi menuju hostel untuk istirahat dan nanti sore kembali lagi untuk jalan – jalan ke Bumboat Ride.

Sekitar pukul  5 sore, saya hendak pergi menuju Clark Quay naik Singapore River Cruise (ataupun Bumboat). Tiket sudah dibeli dekat receptionist hostel dengan harga $16; lebih murah sedikit dibandingkan dengan harga asalnya sekitar $18. Sengaja keluar hostel sore hari supaya bisa melihat senja sore di Marina Bay. Hehehe. Perjalanan dari MRT Bugis menuju MRT Qlarke Quay butuh waktu 30 menit dengan berganti train 3 kali. Lalu keluar passageways daripada Central mall ini belok kiri dan berjalan sepanjang jembatan.

Dari sepanjang jembatan sudah tampak jeti boat. Akhirnya sampai juga didekat jeti Qlarke Quay. Untuk memasuki pintu masuk boat maka akan dibunyikan loceng (tanda sudah boleh naik boat) saya lalu berlari, berebut hendak naik duluan hehe. Karena ingin dapat posisi yang asik untuk menikmati senja sore di negara orang. Di Dalam boat yang saya tumpangi hanya ada 7 orang termasuk ada satu keluarga dari Surabaya yang sedang berlibur di Singapore. Lama berkeliling dengan Boat Ride ini adalah 40 menit tampak pemandangan Marina Bay Sands, butik LV, Merlion dan lain – lainnya. Setelah itu kembali menuju jeti Clarke Quay, selepas boat berhenti saya lalu turun cepat cepat, hari sudah mulai gelap.

Saya sampai di Bugis sekitar pukul 07.30 malam. Sholat, setelah itu beli Nescafe O Ais dekat Zam Zam (dahaga sangat) lalu kembali menuju hostel. Persimpang dekat hostel saya itu ada restoran Arabic-themed, restaurant ini hanya buka malam hari saja. Banyak orang yang datang untuk untuk menghisap shisha.

Saya mempercepat langkah untuk mencapai hostel, karena badan dan kaki sudah lelah sekali. sesampainya di hostel langsung saja mandi dan menempel salonpas koyo untuk menghilangkan rasa pegal – pegal di kaki. Baru sekitar pukul 10.00 malam, masuk traveller 2 orang Amerika Latin Jennifer dan Anna yang berasal dari Peru,  Jennifer dan Anna sangat friendly, mereka sudah banyak travel ke berbagai negara termasuk Indonesia.  Tak lama kemudian masuk lagi 2 orang traveller dari France mereka friendly juga. Sebelumnya mereka sudah travel selama 1 minggu di Malaysia, lalu Bali, sekarang baru sampai Singapore. Mereka semua sudah banyak travel ke berbagai negara di Europe, US, Egypt, Japan, China, India. Obrolan bersama merekan menjadi Inspirasisaya untuk menjelajah dunia. But they're all in their late 20's. So yeah, my time will come too. Soonnn. Pukul 12.00 malam saya baru ingin tidur.  Besok malam perjalanan dilanjutkan menuju Penang Malaysia. Good night Singapore.