Minggu, 09 April 2017

Sensasi Makan Bakmi Jowo Mbah Gito di Jogjakarta

Assalamulaikum warahmatullah wabarakatuh...

Hallo Sahabat Pejalan...


Akhirnya berkunjung lagi ke Jogjakarta di awal Maret kemarin, dalam acara pernikahan keluarga. Tepatnya hari itu Jumat, 10 Maret 2017 saya sudah siap packing untuk berangkat menuju Bandara Halim Perdana Kusuma bersama sepupu. 


Boarding pass Jakarta - Jogjakarta
Pesawat seharusnya take off  pukul 15.40, namun mengalami keterlambatan yang membuat saya dan sepupu gelisah karena sudah lama menunggu, untuk menghilangkan kegelisahan kita berdua makan dan jalan-jalan, namun karena bandara yang sempit dan penuh sesak membuat ruang gerak terbatas dan nggak kebagian tempat duduk.

Saya selalu mendengarkan pengumuman dari pihak maskapai mengingat bandara sangat berisik, akhirnya kita berdua mendapat kursi tepat didepan dua (2) ibu, saya izin untuk duduk didepannya dan berkenalan. Ada beberapa selingan obrolan seperti ibu dan anak hingga panggilan masuk pesawat. Saya dan sepupu mendapat tempat duduk nomor 17A-B sedang sang ibu mendapat di 20A-B.  Perjalanan Jakarta - Jogjakarta memakan waktu lebih kurang 1 jam lewat 5 menit tak banyak yang saya lakukan didalam pesawat selain menonton film di layar depan kursi. Menjelang landing pesawat terasa berputar-putar mengingat padatnya penerbangan di Kota Gudeg, benar saja telinga terasa amat sakit karena tekanan, saya sudah mulai menghilangkannya dengan mengunyah permen karet namun nggak mempan dan akhirnya menutup telingga dengan tangan, alhamdulillah akhirnya landing dan tiba di bandara Adi Sucipto Jogjakarta.

Saya dan sepupu turun dari pesawat kemudian dipanggil oleh kedua (2) ibu tersebut untuk menunggu dipintu keluar pesawat, walaupun sudah berkenalan dan ngobrol akhirnya kita baru bertukar nama, Iya Ibu Ellie dan Ibu Wiwik. Kita pun diajak bareng oleh beliau dan Ibu Wiwik ingin makan bakmi Jawa yang enak, terlintas lalu saya ajak berkunjung ke bakmi Mbah Gito di Rejowinangun Kota Gede.


Warung Bakmi Jowo Mbah Gito
Keluar bandara lalu saya memesan taksi Angkasa Trans menuju Rejowinangun Kota Gede dengan tarif Rp. 80.000 dan mendapat driver bernama Pak Agus (0812 2545 5817), taksinya saya mendapat innova luas untuk kita berempat, Pak Agus begitu ramah mengantarkan kita menuju Bakmi Mbah Gito. Tak lama kita pun tiba dan sudah ramai lokasi makan ini. Saya langsung masuk dan memesan bakmi kuah/godog empat (4) porsi lengkap dengan tambahan cabe rawit dan ayam suwir serta teh tawar. Harga bakmi kuah disinipun tidak terlalu mahal, saya berempat makan plus kerupuk dan dua (2) bungkus nasi goreng untuk dibawa pulang membayar total Rp. 189.000,-.


Ornamen Kadang Sapi 

Kayu-kayu menambah etnik tempat makan ini

Bakmi kuah disini sangat saya rekomendasikan untuk dicoba, hmmmm rasanya enak dan pas dilidah membuat nikmat untuk disantap dimulut plus acar mentimun dan kerupuk. Bakmi kuah/godog Mbah Gito terbuat dari mie kuning, telur bebek, aneka bumbu rempah, ayam kampung suwir, irisan sawi, kubis dan daun seledri menambah nikmat citarasa untuk disantap.  Interior tempat bakmi  ini serba ornamen kayu, ada gong, wayang membuat betah berlama-lama ditempat ini.


Ornamen Gong

Kursi-kursi kayu

Mbah Gito tetap mempertahankan bangunan bekas kandang sapi dan ornamen-ornamen tradisional  untuk mengingatkan beliau, dahulu mengunakan alat-alat tersebut, begitu hebat perjuangan Mbah Gito hingga bakminya terkenal sampai wisatawan mancanegara.


Bakmi Kuah/Godog 1

Bakmi Kuah/Godog 2

Bakmi Kuah/Godog 3
Setelah puas makan bakmi kuah/godog kitapun diantarkan oleh Pak Agus menuju hotel dengan menambah bayar Rp. 100.000,-, Ibu Wiwik dan Ibu Ellie diantarkan terlebih dahulu, beliau menginap di Ibis Style Dagen sedangkan saya di Pawon Cokelat Sosrowijayan tak jauh dari Stasiun Tugu Jogjakarta. Perjalanan yang luar biasa bagi saya bisa berkenalan dengan dua Ibu tersebut, seluruh biaya makan dan diantar hingga menuju hotel dibayari oleh Ibu Wiwik, terima kasih bu. Sahabat pejalan yang berkunjung ke Jogjakarta jangan lupa mencoba Bakmi Mbah Gito.



Alamat : Bakmi Mbah Gito
Jalan Nyi Ageng Nis No. 9, Rejowinangun, Kota Gede, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta 55171
Buka : 11.00 - 23.00 wib (Buka setiap hari)
Telp : 0852 2840 8800



Wassalamulaikum warahmatullah wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Travel Blogger Gathering Bersama Adira Finance

Adira Finance merupakan perusahaan besar multifinance yang berdiri sejak tahun 1990, yang semula dikembangkan sebagai perusahaan pembiayaa...