Kamis, 22 Agustus 2019

Kampanye “JALAN HIJAU” BPTJ KEMENHUB Untuk Transportasi Umum dan Jalan Kaki


Hari ini Kamis, 22 Agustus 2019 aku dan beberapa kawan blogger mengikuti kegiatan kampanye “Jalan Hjiau” Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub. Program kampanye ini bertujuan untuk semaksimal mungkin mendorong masyarakat berpindah dari kendaraan (bermotor) pribadi ke angkutan umum massal dan berjalan kaki.


Salah Satu Poster
"Bersamu Jalan Kaki Pun Aku Bahagia"

#JalanHijau mengandung arti semakin banyak masyarakat yang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan transportasi umum, serta berjalan kaki maka akan semakin ramah lingkungan (hijau). 

Latar bekang dilakukan kampanye #JalanHijau  adalah :
a.      Isu Transportasi
b.      Isu Kesehatan/Lingkungan


Masyarakat Berjalan kaki menuju lokasi tempat kerja

Petugas sedang berdiskusi dengan salah satu pejalan kaki

Kualitas udara Jakarta ketika kegiatan #JalanHijau pada hari ini, tepat pukul 07.00 berdasarkan data airvisual, Jakarta menempati posisi keenam kota dengan udara terburuk disekitar Bundaran HI tingkat polusinya sebanyak 18,5%. Serta berdasarkan penelitian Universitas Stanford Amerika Serikat mengunakan data menit per menit dari 700.000 orang  yang mengunakan Argus, aplikasi penguna aktivitas pada telepon seluler mereka. Hasilnya menyatakan orang Hongkong menepati posisi teratas penduduknya yang melakukan jalan kaki sekitar 6.880 langkah setiap hari. Lalu yang menduduki posisi buncit adalah orang Indonesia dengan catatan 3.513 langkah setiap hari, dan dinyatakan penduduknya malas berjalan kaki, seharusnya 6.000 langkah setiap hari dan idealnya 10.000 langkah setiap hari.

Kondisi ini menyebabkan faktor resiko penyakit non infeksi di Indonesia, karena kurang gerak fisik berdasarkan dari Kemenkes meningkat 26,1% (2017) menjadi 33,5% (2018).

Lalu kegiatan apa saja yang dilakukan dalam kampanye #JalanHijau ini, yaitu turun langsung ke jalan menyampaikan pesan-pesan dan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan kegiatan berjalan kaki dan mengunakan angkutan umum. Serta ajakan untuk mengunakan bagi mereka yang masih mengunakan kendaraan pribadi.


Poster - Poster Kampanye

Poster - Poster Kampanye

Aku bersama salah satu Mahasiswa STTD 

Penyampaian pesan ini dilakukan dengan poster-poster oleh petugas, pembagian masker, pin, kipas dan tumbler yang semuanya memuat pesan-pesan tentang berjalan kaki dan angkutan umum massal.


Kipas

Kegiatan #JalanHijau BPTJ Kemenhub ini berlangsung 19 – 22 Agustus 2019 diempat titik yaitu di Stasiun Juanda, Stasiun MRT Dukuh Atas BNI (Jalan Kendal), Depok dan Bekasi. Melibatkan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Adapun kostum atau pakaian yang dipakai petugas mengunakan kaos berwarna putih, berlengan kuning dan bersyal hijau itu tidak semata kostum, namun mengandung arti putih itu berarti bersih, kuning itu sebgai benefit sinar matahari dan syal hijau itu ramah lingkungan (go green).


Petugas dengan Kostum Kaos Putih berlengan Kuning dan Bersyal Hijau 

Secara pribadi dengan adanya kampanye “Jalan Hijau” sangat bermanfaat sekali,  karena dengan terjun langsung ke jalan aku bisa melihat langsung bagaimana respon masyarakat yang sudah beralih mengunakan transportasi umum, tentu mereka sudah turut serta menjaga lingkungan dan kesehatan.

Aku pun setiap hari dalam beraktivitas mengunakan transportasi umum ke lokasi tujuan, baik itu MRT, Commuter Line, dan Trans Jakarta, kemudian dilanjutkan jalan kaki. Diharapkan kegiatan #JalanHijau yang dilakukan kemarin memberikan dampak positif agar masyrakat umum yang masih mengunakan kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum.

Terus terang sekarang transportasi umum di Jakarta sudah sangat baik pelayanannya dan bersih, dengan beragam fasilitas yang senantiasa dibenani. Untuk jalan kaki pun trotoar semakin luas, nyaman dan terang. Faslitas halte bus penghubung pun sudah dilengkapi kursi untuk menunggu dan petunjuk papan bus kemana saja tujuannya.


Poster

Poster

Poster

Poster


Adapun manfaat dari berjalan kaki adalah :
a.      Untuk Kesehatan
b.      Irit
c.      Bumi semakin hijau (go green)
d.      Mengurangi kemacetan


Poster " Jalan Kaki Challenge" BPTJ Kemenhub

Hayuk sama-sama beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum, demi Jakarta yang ramah lingkungan, bebas dari polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan kemacetan.

Jangan lupa ikuti “JALAN KAKI CHALLENGE”, kompetisi dengan membuat video aksi kece selama berjalan kaki ke instastory periode 19 – 30 Agustus 2019, berhadiah 3 buah smart wacth kece!!!, mention akun @bptjkemenhub dan tag 3 kawanmu dengan hastag #WalkingChallenge #KalauDekatJalaninAja #NaikAngkutanUmumYuk #JalanHijau #BPTJ pemenangnnya  diumumkan tanggal 31 Agustus 2019.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KopDar Social@Grab : Membangun Indonesia, Bersama

Sore itu selepas meeting, aku   berangkat mengunakan Trans Jakarta menuju Kuningan, memenuhi undangan KopDar Social@Grab yang lokasinya di...