Rabu, 10 Juli 2019

Kemping Ceria di BAF Ala Juguran Blogger Banyumas

Di hari kedua kegiatan Juguran Blogger, kami akan kemping di Baturraden. Lokasinya persis di kaki Gunung Slamet, Jawa Tengah, lebih kurang satu jam perjalanan dari kota Purwokerto jika mengunakan kendaraan roda empat atau dua. Betapa bahagianya aku ketika melihat itinerary yang diberikan, sudah lama ndak kemping dengan pemandangan hutan soalnya.

Juguran Blogger 2019

Kesempatan ini ndak akan aku sia-siakan walau badan masih terasa sangat capek selepas umroh, lalu mudik ke Jatim, pulang ke Jakarta lalu menuju Purwokerto untuk mengikuti kegiatan Blogger Banyumas dari 28 – 30 Juni 2019.

Aku pun menghubungi Bang Juan, kawan perjalananku untuk meminta tolong membelikan tiket Jakarta – Purwokerto terlebih dahulu, eh kembali lagi ke cerita perjalananku menginap di Baturraden Adventure Forest atau disingkat BAF ya. Ketika tiba aku, Dini, Cece Lenny, Dita, Bang Juan sudah dalam keadaan gelap, lalu turun  mengambil ransel di bagasi mobil mas Bagus  dari Nasmoco Purwokerto.

Baru tiba di BAF

Semilir angin menerpa wajahku, lalu aku membuka ransel untuk mengambil jaket parka biru kesayanganku karena hawa yang sangat dingin, namun ternyata aku melihat Cece Lenny memakai jaket jeans yang tentu membuat hawa semakin dingin jika dipakai. Jaket parka biru ku aku pinjamkan cece, aku masih kuat dengan udara ini dengan kaos katun lengan panjang.

Tak berapa lama aku ganti pakaian dan bebersih karena sudah seharian berkegiatan outdoor. Aku hanya cuci muka, membersihkan kaki dan sikat  gigi saja, mengurungkan niat untuk mandi. Selepas bebersih lalu menuju Kitchen BAF untuk makan malam, hawa-hawa lapar sudah menanti. Menu makan malamnya sangat enak apalagi bihun gorengnya juara, untuk minumannya ada  jahe hangat dan teh.

Lokasi Kemping Juguran Blogger 2019

Selepas makan malam masih ada acara api unggun dan BBQ, aku membantu mas Wiwit menyiapkan kayu. Setelah api unggun menyala  kami berkumpul kembali bersama dengan 20 blogger dari berbagai penjuru nusantara ditemani canda tawa, wedang ronde, sosis dan jagung bakar. Tak berapa lama aku izin untuk istirahat ditenda yang sudah dilengkapi kasur, bantal, dan sleeping bag. Aku rapihkan kasur berjajar 3 agar hangat lalu tas ransel disamping semua, aku satu tenda dengan Ibuk Terry dan Dita.

Malam semakin larut dan dingin aku memilih langsung beristirahat, kerena esok hari akan trekking untuk melihat peternakan sapi dan body rafting. Singkat cerita aku terbangun pukul 05.00 pagi ketika  mendengar suara Kang Aip dan kebelet pipis hehehe.., lalu aku bangunkan Dita dan Ibuk Terry untuk bareng ke toilet dan sholat Subuh.

Benar saja air toilet sangat dingin membeku tapi apa boleh buat hajat harus ditunaikan, lalu bersama Ibuk  Terry dan Dita menuju musholla. Musholla di BAF sangat luas jadi jangan khawatir ya kawan-kawan kalau kemping disini.

Sedikit aku pengen cerita apa sih itu BAF. BAF adalah Baturraden Adventure Forest atau rimba tualang Baturraden merupakan bentuk baru wahana ekowisata  dan petualangan rimba dengan pemandangan hutan damar dan pinus serta aneka vegetasi hutan yang membentang di kaki Gunung Slamet seluas 50 ha.

Baturraden Adventure Forest (BAF)

BAF tidak hanya menyajikan pemandangan alam Baturraden yang sudah terkenal pesonannya, tetapi juga mengemas pesona  4 unsur alam, gunung, hutan & kabut, ke dalam berbagai jenis petulangan fisik (physical adventure) dan petualangan wawasan (mind adventure) dalam berbagai kegiatan antara lain : Mountain Adventure, Water Adventure, Tree Adventure, & Eco Adventure.

BAF didesign untuk personal adventure maupun group adventure untuk outing & training perusahaan , pelatihan berwawasan ramah lingkungan bagi pelajar, hingga gathering komunitas  seperti : family adventure, reunion, hobby clubs, nature & outdoor party.

Oh yaaa, cerita perjalanan dilanjut setelah, sekembalinya dari musholla kami sudah berkumpul dan bangun karena akan trekking menuju pertenakan sapi, aku berjalan santai sambil menikmati hawa dingin pegunungan sambil sedikit memotret momen kawan-kawan. Lebih kurang 20 menit sudah tiba, namun ndak dapat melihat sapi sedang dalam masa karantina ya sudah akhirnya kami berkumpul berfoto bersama mengunakan drone Bang Juan.

Mbak Yuni dan Dita

Bang  Juan pemilik Travelingwithjuan.com

Dita pemilik  Malesmandi.com

Cermin

Peternakan Sapi dari kejauhan

Beberapa kawan sudah  mulai trekking  menuju BAF, sementara aku, Bang Juan, Dini, Dita, Mas Pradna dan lichun masih berfoto-foto menikmati pemandangan Gunung Slamet yang rupawan. Tak berapa lama kami sudah tiba di Kitchen untuk sarapan, menu pagi ini adalah lontong sayur plus opor yang sumpah enak dan legit dimulut.

Menu Sarapan Lontong Sayur Opor

Dini pemilik Dinilint.com

Selepas sarapan kawan-kawan akan body rafting, sementara aku memilih duduk manis di Kitchen sambil menunggu drone Bang Juan yang sedang di charge, sedangkan kawan lain yang ndak rafting berjalan keliling BAF dipandu Kak Olipe.

Tim Body Rafting

Dita & Bang Juan

Kang Aip & Cece Lenny

Mbak Yuni dan Lichun

Inda & Zain

Mas Pradna & Ibuk Terry

Mas Yanto & Bang Doel

Area Body Rafting

Jam sudah menunjukkan pukul 10.00 kawan-kawan sudah kembali dari aktivitas masing –masing, aku pun turun menuju tenda untuk beberes dan berkumpul  menikmati snack time berupa jagung bakar, mendoan, pisang goreng, teh hangat dan jahe. Tapi dari varian snack time tersebut mendoan yang cepet habis, juara memang mendoan disini. Kitchen BAF ini buka loh setiap hari dengan menu tradisional #eh namanya Resto Agathis, walau tidak menginap kamu masih bisa icip-icip makanan di resto ini.

Cece Lenny

Cece Lenny & Dini

Dini

Kami bertiga, Lenny, Ika & Dini

Setelah kawan-kawan berkumpul semua dan waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 kami diberitahu untuk bersiap kembali untuk makan siang di Purwokerto. Aku membereskan ransel dan membawanya ke atas, karena angkot yang akan mengantar kami sudah tiba. Acara kemping ceria pun ditutup meninggalkan kesan yang membahagikan dan insya allah datang kembali. Jika ada yang mebutuhkan informasi mengenai BAF aku akan share dibawah ya, Terima kasih.