Selasa, 28 Maret 2017

Enaknya Spicy Roast Chicken

Assalamulaikum warahmatullah wabarakatuh...

Malam-malam ngobrolin masakan bikin laper gak sih?? efek gak bisa tidur, eh malah kepikiran pengen nulis tentang masakan yang beberapa hari lalu saya coba resep spicy roast chicken bersama sahabat saya Anna. Dunia memasak tidak asing bagi saya, karena dari kecil sudah biasa membantu Ibu menyiapkan segala bahan-bahan yang akan di masak.

Berbekal setumpuk buku-buku masakan warisan Ibu, saya memutuskan membuat spicy roast chicken dari Buku Primarasa dan Anna setuju. Alhasil sebelum janjian keesokan harinya, saya menyiapkan semua bahan-bahan yang akan kita masak besok, kecuali ayam harus benar-benar segar. 

Bahan 
250 ml santan, dari 1/2 butir kelapa (boleh Kara)
2 sdt bumbu kari hijau  Thailand (pasta)
1 sdm jahe cincang
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt kecap ikan (fish sauce)
2 buah cabe jumbo, buang biji
2 sdm daun ketumbar cincang
1 ekor ayam utuh potong 4 (boleh utuh)

Cabe, Jeruk nipis dan daun ketumbar
Cara membuat :
1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius. Campurkan santan bersama bumbu kari, jahe, air jeruk nipis, kecap ikan, cabe dan daun ketumbar, aduk rata.

2. Masukan ayam satu-persatu lumuri dengan bumbu sampai terendam seluruhnya. Taruh ayam berbumbu di dalam pinggan, tutup pinggan, simpan ayam dalam lemari es selama 1 jam atau lebih agar bumbu meresap.

Ayam sudah di lumuri bumbu
3. Setelah cukup dan bumbu meresap masukan dan pasang di dalam oven, panggang ayam selama 1 1/4 jam sambil sekali-kali dioles atau disiram-siram dengan cairan yang keluar dari badan ayam hingga matang, angkat.
Ayam dalam Oven
Setelah di Panggang 1 1/4 jam
4. Keluarkan ayam dari oven, sajikan selagi hangat.

Spicy Roast Chicken

Anna 

Mixed Fruit Ice
5. Selain enak  bisa dimakan bersama nasi putih, ayam panggang ini juga cocok disantap dengan kentang rebus/goreng.

Note : Untuk kari hijau (pasta), daun ketumbar dapat di beli di Total Buah Segar atau Lottermart

Sementara saya membuat ayam, Anna sibuk membuat dessert. Anna membuat mixed fruit ice. Selamat menikmati sahabat pejalan.Terima kasih, selamat mencoba.

Wassalamulaikum warahmatullah wabarakatuh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Press Conference Festival Pesona Lokal Adira Finance

Selasa, 07 Agustus 2018 saya menghadiri undangan Press Conference Festival Pesona Lokal persembahan Adira Finance bertempat di Ballroom l...