Jumat, 07 Oktober 2016

Citarasa Ragam Kopi

Assalamulaikum warahmatullah wabarakatuh...


Hallo sahabat pejalan...
Biasanya kalian ngapain sih kalau weekend gak keluar kota???, kalau saya sih di rumah masak, beberes rumah, baca buku atau sorenya nongkrong di kedai kopi bareng sahabat. Nongkrong di kedai kopi, sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Namun benarkah, kebiasaan ngopi di tengah masyarakat Indonesia sudah terjadi sejak dahulu kala???

Kedai Kopi di area Tebet "Phoenam Cafe", Tempat saya berkumpul bersama Sahabat
Kebiasaan minum kopi sudah ada sejak lama dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bahkan itu tidak terjadi disini saja, di luar negeri pun sama. Seperti ketika saya berkunjung ke Vietnam, masyarakatnya setiap sore berkumpul di kedai - kedai kopi pinggir jalan sambil menikmati pho, mie khas Vietnam.

Buku Coffee
Sarapan  plus si hitam
Istilah ngopi itulah sebagai sarana bersosialisasi. Karena itu, minum kopi tidak sekedar di rumah, tetapi juga di warung atau kedai. Di Indonesia sendiri beberapa tahun terakhir ini sedang berkembang pesat kedai - kedai kopi diseluruh kota tidak hanya Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Medan, Malang, Lampung dan kota - kota lainnya. 

Salah satu sudut "Rookie Coffee Purworejo"
Salah satu sudut "Saudagar Kopi Jalan Sabang Jakarta"
Salah satu sudut "El's Coffee Bandar Lampung"


Jenis - Jenis Kopi :

Beda biji kopi, beda pula aroma dan rasanya. Mari kenali lebih dalam tentang jenis kopi dan pilih mana yang menjadi favorit kamu.

Salah satu pohon kopi yang saya temui di Lereng Gunung Semeru
tepatnya di Desa Gucialit Lumajang Jawa Timur,
Kopi Desa Wae Rebo, Dintor Flores yang sedang di jemur
Roasting, pemandangan ini akan kalian dapati,
 jika berkunjung ke El's Coffee Bandar Lampung
Kopi Robusta

Biji kopi Robusta mengandung minyak rendah, sehingga memberikan rasa lebih asam dan pahit, serta aroma yang kuat. Kafeinnya lebih tinggi, paling tidak 50% dari biji kopi Arabica. Beberapa biji kopi Robusta memiliki kualitas yang sangat bagus dan menghasilkan  deep flavor serta crema yang bagus pada espresso. Biji kopi Robusta secara khusus tumbuh belahan timur dunia, seperti Afrika dan Indonesia. Namun Brazil dan India juga memproduksi kopi Robusta.

Kopi Arabica

Biji kopi Arabica  biji kopi yang memiliki cita rasa tinggi, serta rendah kafein. Biji kopi Arabica rasanya lebih manis dan lembut, dengan sedikit rasa buah dan beri. Tingkat keasaman biji kopi ini pun cukup baik.
Afrika, Amerika Latin. Kolombia, Brazil, India dan Papua Nugini menjadi negara - negara tempat tumbuhnya biji kopi Arabica. Yang unik dari biji kopi ini adalah rasanya berbeda, tergantung lokasi tumbuhnya. Contoh, biji kopi Arabica yang tumbuh di Ethiopia memiliki rasa seperti beri, sementara biji kopi Arabica di Amerika bercita rasa cokelat atau sitrus. Biji kopi Arabica memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan biji kopi Robusta.

Menikmati beragam jenis minuman kopi jangan sampai membuat kamu bingung. Ketahuilah sebelum membeli. Saya pun mulai mencobanya satu persatu walaupun sebenarnya saya bukan penyuka kopi, namun mencoba berbagai macam varian kopi menambah pengalaman baru yang berbeda di kedai kopi. Ada beberapa ragam rasa dan aroma si hitam yang berbeda seperti :

Varian Citarasa Kopi
Sumber https://majalah.ottencoffee.co.id/
Varian Citarasa Kopi
Sumber http://rookiecoffee.blogspot.co.id/
Varian Citarasa Kopi
Sumber https://majalah.ottencoffee.co.id/

Espresso

Kopi espresso lebih populer di Eropa daripada di Amerika. Kopi ini juga merupakan kopi hitam pekat dengan aroma yang sangat kuat. Kopi espresso dihasilkan dari ekstraksi biji kopi yang sudah giling. Secangkir espresso bisa kamu nikmati dengan menekan bubuk kopi di dalam portafilter yang kemudian menghasilkan air kopi yang hitam pekat. Itulah kenapa espresso seringkali disebut "shot", karena kopi ini berasal dari proses menekan kopi giling. Penyajiannya murni hanya seduhan kopi giling dengan air mendidih tanpa tambahan pemanis, susu, maupun krimer.

Espresso
Machiato

Asal katanya berarti "ternodai". Merupakan espresso yang dicampurkan dengan sedikit susu atau busa panas. Disajikan dengan ukuran sepertiga atau kurang dari setengah cangkir kecil. Kalau cangkirnya lebih besar disebut cappuccino.

Machiato
Caffe Latte

Banyak orang yang kurang bisa membedakan antara cappuccino dan latte karena kedua jenis minuman kopi ini memiliki bahan dasar yang sama, yaitu espresso dan susu. Namun yang membedakan adalah komposisi susu dan kopi pada latte adalah 3 : 1, sehingga cita rasa susu pada minuman kopi ini lebih terasa. Lapisan busa pada latte juga terlihat tipis. Kopi latte kini punya banyak rasa yang bisa kamu coba seperti vanilla, caramel, hazelnut, peppermint, almond, dan kayu manis.

Caffee Latte dan Buku teman yang tepat
Cappuccino

Cappuccino merupakan campuran espresso, susu, dan busa susu. Komposisi untuk menciptakan secangkir cappuccino yang nikmat adalah komposisi espresso berkualitas baik dan susu panas dengan busa susu yang ditambahkan di atasnya. Yang membuat cappuccino semakin enak, manis dan halus adalah faktor tekstur dan temperatur susu. Minuman kopi yang berawal dari Italia ini biasanya dinikmati pada pagi hari di negara asalnya. Namun dibeberapa negara lain, cappuccino disajikan sepanjang hari atau saat malam.

Cappuccino
Moka

Moka adalah espresso, susu, dan cokelat. Yang unik dari minuman ini adalah tambahan cokelat, sehingga aroma kopi menjadi berbaur dengan aroma cokelat yang nikmat. Jenis cokelat yang ditambahkan pada kopi bermacam - macam mulai dari bubuk kokoa manis, cokelat hitam, susu cokelat, hingga sirup cokelat. Karena komposisi cokelat di dalamnya, terkadang moka disebut juga sebagai cokelat panas yang ditambahkan sedikit espresso. Penyajiannya pun bervariasi, bisa dengan menambahkan susu atau whipped cream dan taburan marshmallow, bubuk kayu manis, dan bubuk cokelat di atasnya.

Moka
Frappe

Frappe adalah minuman es kopi yang dibuat dari kopi instan. Cara membuat frappe sangat mudah, hanya dengan mencampur kopi instan, gula, dan air yang dikocok atau diblender sehingga membentuk busa. Tuangkan frappe ke dalam gelas panjang yang sudah diberi air dingin, es batu, dan susu lalu dilengkapi dengan sedotan untuk menikmati lezatnya minuman es kopi yang satu ini, frappe sangat cocok diminum siang hari ketika cuaca sedang panas.

Es kopi
Affogato

Siapa sih yang tidak suka es krim??? kalau ini minuman favorit saya. Affogato tercipta karena kejeniusan orang mencampurkan espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanilla yang nikmat. Sebuah kenikmatan paling pas dari percampuran rasa manis es krim dan pahit sempurnanya espresso.

Affogato
Sumber http://westcoast-cafe.net/menu-item/affogato/
Demikian sahabat pejalan beberapa varian kopi yang berbeda, kamu tinggal pilih saja mana yang sesuai seleramu. Terima kasih.

Wassalamulaikum waramatulllah wabarakatuh....

3 komentar:

  1. Kalo gw weekend yaa ke mall hehehe tapi tetep ngak ngopi karena bukan penikmat kopi
    Btw di gresik, banyak banget warung kopi, dari gw di lahirkan sudah bertebaran warung2 kopi dan masyarakat disana setiap waktu pasti main ke warung kopi minum kopi dan kayak nya gw doang yang ngak tau nikmat nya kopi #AkuGagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kak cum, makasih sudah kasih komen di blog butiran tepung ini hehe..iya kedai kopi memang sudah ada dari sejak dulu. kpn dunk ajak aku ngadem di mall hehe :D

      Hapus
    2. hallo kak cum, makasih sudah kasih komen di blog butiran tepung ini hehe..iya kedai kopi memang sudah ada dari sejak dulu. kpn dunk ajak aku ngadem di mall hehe :D

      Hapus

Travel Blogger Gathering Bersama Adira Finance

Adira Finance merupakan perusahaan besar multifinance yang berdiri sejak tahun 1990, yang semula dikembangkan sebagai perusahaan pembiayaa...