Minggu, 14 Agustus 2016

Tips dan Persiapan Solo Backpacking Bagi Perempuan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...
Hallo Sahabat Pejalan...
Selamat malam...

Ketemu lagi di blog acak aduk saya, kali ini saya bakal ngobrolin tentang tips solo backpacking atau solo traveling bagi kaum hawa berdasarkan pengalaman pribadi, kemarin berkeliling 7 Negara Asean selama 45 hari. Walau weekend hampir usai, namun tetap semangat ya menyambut esok Senin yang ceria. Beberapa waktu lalu banyak pertanyaan mengenai perjalanan solo backpacking atau solo traveling??? "Ada yang bilang kurang kerjaan???", lalu "Ngapain ke Asean??? Ada apa??? Jawab saya hanya "Senyuman"





Hidup buat saya adalah pilihan enak tidak enak, entah saya bahagia menjalaninya dan senantiasa saya syukuri. Karena semua yang Allah berikan dalam hidup ini sebagai fase kehidupan yang harus dijalani, seperti contohnya jika kamu mengupas kulit bawang bombay, banyak lapisannya kan??? semakin ke dalam mengupas, semakin kamu menangis, nah itu ibarat fase kehidupan. Lah koq malah bahas ini hihihi...:D Balik lagi saya bakal bahas tentang tips dan persiapan solo backpacking atau solo traveling bagi perempuan. 

Solo Backpacking atau solo traveling adalah jalan - jalan seorang diri, tetapi itu hanya dari rumah, ketika dalam prakteknya diperjalanan kamu akan dapat banyak teman loh, seperti saya kemarin banyak dapat kenalan dari berbagai negara dan saling bertukar kontak jika suatu saat saya berkunjung ke negaranya atau teman tersebut berkunjung ke Indonesia. 

Jadi sudah siapakah Kamu Para Ladies solo backpacking atau solo traveling???

Solo traveling atau solo backpacking bagi saya sebagai penembus batas dan menguji adrenalin/nyali, serta keluar dari zona nyaman, dengan solo backpacking kamu jadi memaknai perjalananmu lebih dalam, juga memberi ruang untuk kompromi pada diri sendiri dan lebih peka terhadap sekitar, (untuk hal  ini ada yang bilang "perempuan itu harus pergi dengan muhrimnya???" Hello hidup sudah modern tapi masih aja komen kayak gini"). 

Bagaimana seorang perempuan bisa berani, mandiri, percaya diri kalau hidupnya dalam sangkar seperti burung??? dan Kenapa harus ke Luar Negeri???
Menurut saya nggak harus, karena sebelumnya saya juga solo backpackingnya masih sekitar negara tercinta koq...Tetapi perjalanan ke luar negeri banyak tantanganya loh, antara lain : kendala bahasa, makanan, problem solving kamu juga jadi "jalan" dan nggak mengandalkan teman atau orang lain. Contohnya ketika di pasar Sapa Vietnam penjual tidak bisa berbahasa Inggris, saya menawarnya dengan tulisan dalam note atau kertas dan ada pengalaman lucu ketika di Bangkok saya hendak mencari masjid, pemuda yang menolong saya tidak bisa berbahasa Inggris tapi dari bahasa tubuhnya saya bisa membaca dia mau menolong saya, pemuda tersebut mengantar dan menunggu saya hingga selesai sholat dan menemani saya makan disekitar masjid, jadi kita berkenalan dan makan bersama sambil berbincang diterjemahkan oleh Bapak penjual hehehe, lucu bukan??? makanya nggak perlu takut solo traveling loh, ladies...

Banyak nilai positifnya loh Ladies solo traveling..., saya bahkan punya sahabat traveling dari California namanya Janson yang menjadi tendem selama perjalanan dari Poipet hingga Myanmar dan balik ke Bangkok. Hingga kini kita masih berkomunikasi via skype atau kadang email, seru kisah perjalanan kemarin...

Apa saja yang harus kamu persiapkan jika solo backpacking ke Luar Negeri :

1. Paspor 
Penting banget kalau kamu solo backpacking ke luar negeri. Biaya pembuatan paspor pun murah sekitar Rp. 275.000,- bisa membuatnya secara online, nanti tinggal di konfirmasi via email untuk datang wawancara dan foto. Jadinya sekitar seminggu, praktis bukan.

2. Tiket promo atau murah, ini penting buat meminimalisir budget traveling kamu (biasa beli jauh - jauh hari). Saya pernah dapat tiket pesawat murah Jakarta - Padang PP Rp. 60.000,- sudah pajak, belinya 4 bulan sebelum berangkat.

3. Akomodasi
Saya tidak menyarankan untuk go show dalam hal penginapan, lebih baik booking penginapan secara online dan cetak bukti bookingnya. Sekarang banyak negara meminta bukti booking saat check in. Kalau saya kemarin di Bangkok, Hanoi dan Kuala Lumpur dapat tebengan rumah sahabat pejalan yang saya kenal via blog.

4. Riset
Karena pergi seorang diri, hendaknya kamu membekali dirimu dengan informasi yang cukup tentang negara yang kamu kunjungi. Dunia teknologi semakin canggih bisa baca via blog atau bertanya dengan sudah berpengalaman dalam hal ini.

5. Uang Saku
Bawa uang tunai secukupnya, tetapi disimpan secara terpisah demi keamanan. Selain itu bawa ATM dan kartu kredit hanya untuk berjaga - jaga.

6. Peta
Saya selalu mengambil peta negara atau kota yang saya kunjungi di bandara, tetapi kalau tidak ada saya mencari via geogle lalu di print out.

7. Ransel
Pilih ransel yang nyaman dan bisa masuk kabin agar lebih mudah kalau naik transportasi umum, bisa masuk ke dalam toilet karena tidak semua negara ada tempat penitipan ransel.

8. Gunakan pakaian yang sopan
Pergi sendiri artinya kamu harus menghormati penduduk lokal, jadi gunakan pakaian yang sopan demi kenyamananmu juga.

9. Simpan barang berharga
Simpan barang berharga kamu di dalam tas dan dikemas secara aman agar tidak memicu hal - hal yang tidak di inginkan.

10. Persiapan semua yang diperlukan
* Scan dan simpan paspor dan identitas lainnya dalam email kamu
* Fotocopy paspor kamu, jika diperlukan misal untuk jaminan menyewa motor atau sepeda
* Simpan nomor penting KBRI/KJRI
* Beli asuransi perjalanan (kalau negaranya jauh)
* Kamera dan teman-temannya 
* Perhatikan negara mana  yang akan dikunjungi, siapakan colokan listrik (karena setiap negara beda-beda)

11. Izin dari Kedua Orang Tua
Ini penting banget loh, demi kelancaran solo backpacking kamu dan selalau beri kabar kepada orang terdekat seperti orang tua, kakak, adik, sahabat atau pacar kamu.

Namun waspada tetap harus ada, untuk menjaga hal - hal yang tidak diinginkan. Kalau saya pribadi berdasarkan pengalaman tidak pernah mengalami hal - hal buruk selama solo backpacking alhamdulillah, banyak berdoa dan selalu berbuat baik itu nasehat dari Ibu "Kemanapun langkahmu Insya Allah,  Allah SWT selalu ada untukmu nak, Makasih Ibu".

Happy Traveling Ladies...semoga bermanfaat...Terima kasih ....


Wassalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...




1 komentar:

  1. Kak ... Ijin ama pacar ngak ada ??? Eh jomblo yaaa hahaha #LaluDigampar

    BalasHapus

Kopka Kedai Favorit Di Margonda, Depok

Ada yang tahu nggak kalau ada kedai kopi asik di Margonda, Depok? Jawabannya ada, kedai kopi yang asik banget buat nongkrong, ngerjain...