Rabu, 15 Juni 2016

"Bokeh" Istilah dalam Dunia Fotografi


Bokeh memang istilah yang tidak awam bagi kita yang berkecimbung di dunia fotografi. Tetapi tahukah kamu arti bokeh itu sendiri?

Bokeh sendiri berasal  dari Bahasa Jepang yakni "Boke" yang memiliki arti menjadi kabur atau buram atau bias juga dikatakan titik luar dari fokus. Dengan adanya bokeh pada sebuah foto maka titik fokus yang jatuh pada objek akan menjadi sangat jelas, sedangkan areal selain fokus itu sendiri menjadi blur atau bokeh.

Bokeh sering kali digunakan dalam fotogrofi makro, model dan lain-lainnya.

Ada 6 faktor untuk kualitas foto bokeh yang keren "IMHO" loh boleh ditambah hehehe... :D

1. Gunakan Aperture Besar
Bokeh berasal dari lensa, bukan dari kamera, hal terpenting yang harus dilakukan adalah setting aperture lensa pada bukaan besar, lalu bisa melakukan dengan mengunakan mode aperture priority dan mengunakan f ke dalam nilai terkecil.

2. Kurangi Jarak antara kamera dengan objek foto
Semakin dekat kita berdiri dari objek foto, semakin blur background-nya. Semakin dekat objek foto, fokus lensa juga semakin dekat dan depth of field akan semakin sempit.

3. Jauhkan jarak antara objek dan background-nya
Saat kamu memotret teman dan ingin mendapatkan  bokeh yang bagus, maka semakin jauh teman tadi dari background dibelakangnya, semakin bagus bokeh yang didapat.

4. Gunakan focal lenght terpanjang
Kalau saya mengunakan lensa canon 70-300mm. Pilihlah lensa  terpanjang 300mm, kalau tujuannya menghasilkan foto bokeh yang maut.

5. Pilihlah lensa yang berkualitas optik terbaik yang mampu kamu beli
Kualitas bokeh juga sangat dipengaruhi oleh kualitas lensa yang kita pakai. Untuk lensa 70-300mm tadi dan sebisa mungkin pakailah aperture f/2.8.

6. Gunakan lensa prime
Karena makin besar aperture, makin bagus pula bokehnya. Jika kamu memiliki lensa prime atau fixed lens. Fixed lens lensa yang memiliki focal lenght tunggal alias lensa yang tidak bisa di-zoom. Saya biasanya mengunakan 50mm f/1.8 harganya murah dan hasil fotonya dasyat.

"Happy Hunting"


Beberapa contoh foto bokeh saya :
















1 komentar:

Petualangan Dari Sudut Pandang - Ika Soewadji -

  Tidak Menyangkal era perkembangan jaman saat ini, memudahkan aku sebagai pejalan untuk melakukan petualangan. Berpetualang bagi aku prib...