Jumat, 06 Mei 2016

Pecel Semanggi Kuliner Unik Yang Sudah Mulai Mengilang

Awal mulainya ketika bersama rekan – rekan Sosial Media Trip dan Gathering bersama Indonesia Travel Kementerian Pariwisata Indonesia ketika mampir ke Surabaya, pengen merasakan Pecel Semanggi. Tapi mengingat jadwal yang sangat padat dalam pikiran saya gak mungkin mencari kuliner yang bernama Pecel Semanggi yang menurut salah satu rekan saya yang asli Surabaya, sekarang agak sulit menemukan makanan yang namanya “Pecel semanggi”. Namun pucuk di cinta ulam pun tiba, ternyata Allah mengabulkan doa saya. Ketika bersama Yuki, Putri selepas Sholat Dzuhur di Masjid Agung Al Akbar berjalan hendak menuju bus, saya melihat penjual Pecel Semanggi di pintu keluar masjid, saya langsung bertanya saja apakah pecel semanggi ternyata benar akhirnya kita bertiga berhenti untuk membeli pecel tersebut harga per pincuk Rp. 7.000,- lengkap dengan kerupuk gendar yaitu kerupuk yang terbuat dari nasi.

Bakulan pecel semanggi di Pintu Keluar Masjid Al Akbar Surabaya
Ibu Marti
Daun Semanggi dan Tauge 
Yuki mencoba Pecel Semanggi
Pecel Semanggi lengkap dengan kerupuk gedar atau kerupuk puli
Laris Pecel Semanggi Ibu Marti
Pecel Semanggi sendiri terdiri dari daun semanggi, tauge, lalu dibubuhi sambel kacang yang diolah dengan ketela lalu ditumbuk untuk rasa pedas sendiri Ibu Marti sang penjual memberinya terpisah karena kebanyakan pembelinya beda – beda ada yang suka pedas dan tidak. Tentunya saya, Yuki, Putri, Fahmi dan Hanif pun ikut merasakan sensasi yang berbeda ketika makan pecel semanggi ini, karena sudah lama tak merasakannya. Maklum sudah lama tidak menjelajah merasakan kuliner Kota Pahlawan. Keanekaragaman salah satu kuliner Surabaya ini merupakan  keragaman alam dan budaya merupakan salah satu Pesona Indonesia. 

Merasa bahagia karena selama berjalan – jalan di Surabaya akhirnya bisa mengobati salah satu kuliner yang sudah mulai menghilang. Jika kalian singgah di Surabaya jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia (www.indonesia.travel), saya dan rekan - rekan media serta blogger akan mengeksplore beberapa tempat wisata di Jawa Timur. Silahkan juga cek foto - foto di Facebook, Instragram dan Twitter dengan hastag #SaptaNusantara #PesonaIndonesia #ExploreJatim.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kopka Kedai Favorit Di Margonda, Depok

Ada yang tahu nggak kalau ada kedai kopi asik di Margonda, Depok? Jawabannya ada, kedai kopi yang asik banget buat nongkrong, ngerjain...