Minggu, 01 Mei 2016

Assalamulaikum...
14 Mei 2011

Hari pertama :
Sabtu tanggal 14 Mei 2011 jam 04.00 pagi saya bangun ditemani Andri untuk mengambil air wudhu di sungai belakang rumah, sambil menunggu sarapan, jam 05.00 sarapan sudah jadi dan bekal untuk makan siang.

Tepat Jam 06.00 selesai sarapan saya repack, team pendakian Rinjani berjumlah 10 orang (Saya, Amri, Arum, Andre, Ayu, Andri, Hadi, Mas Joe, Mas Peggi & Mas Anto) sambil mempersiapkan logistik yang akan di bawa oleh porter, porter yang menemani saya  bernama Mas Anto, setelah siap semua pendakian akan dimulai, tidak lupa berdoa Kepada Allah SWT agar perjalanan lancar, cuaca bersahabat dan kembali pulang dengan selamat, amin.

Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat adalah Gunung berapi kedua  dan gunung tertinggi ketiga (3726 Mdpl) di Indonesia, merupakan tujuan favorit pendakian karena terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Pendakian saya  dimulai dari Desa Bawak Nau, kira-kira 4 Km dari Desa Sembalun , jalur lumayan landai disuguhi oleh pemandangan sawah-sawah serta savana yang indah.

View Gunung Rinjani dari Desa Bawak Nau
Dengan semangat saya dan rekan-rekan berjalan dengan santai sambil bernyanyi-nyanyi, saya menikmati jalur yang landai dan santai diringi dengan ilalang-ilang keemasan,  namun perjalanan panjang membuat tubuhku dibasahi oleh keringat. Tepat tengah hari sudah memasuki Pos III. Saya pun istirahat untuk makan siang, mengingat tadi sudah membawa nasi bungkus dari Bawak Nau  nasi, dengan lauk tempe dan sepotong ayam itu sudah cukup buat saya untuk mengembalikan tenaga yang hilang karena perjalanan yang panjang, setelah cukup lama istirahat dan makan saya pun melanjutkan perjalanan kembali menuju Plawangan Sembalun.

Jalur Pendakian vi Bawak Nau

Perjalanan dimulai kembali selepas Pos III, medan lumayan panjang dan mendaki saya menikmati bukit-bukit yang tinggi yang tak ada habisnya  *ini namanya 9 Bukit Penyiksaan & Penderitaan* tetapi dengan sabar dan perlahan-lahan saya langkahkan kaki walau badan dan kaki sudah terasa pegal, saya selalu disemangati oleh Mas Peggi dan Mas Joe yang bareng denganku di baris paling belakang, disamping masih ada teman-teman pendaki dari rombongan lain, namun kebanyakan wisatawan asing.
Muka Team masih segar, coba nanti lihat foto setelah pendakian 1 minggu
Akhirnya tepat jam 17.30 aku tiba di Plawangan Sembalun dengan separuh tenagaku,  kulangkahkan kakiku dengan cepat agar sampai ditenda untuk lanjut rebahan, hanya rasa bahagia saat itu, karena tampak di sampingku sunset nan indah dibalik bukit.Rasa ingin istirahat hilang, saya langsung mengambil kamera dan tripod mengingat sunset dari Plawangan Sembalun begitu indah untuk ditinggalkan.

Tenda di Plawangan Sembalun

Alhamdulillah team Rinjani  sudah sampai semua di Plawangan Sembalun dengan selamat, Amri, Hadi, Andre, Andri sudah mendirikan tenda karena mereka memang sudah tiba lebih dulu dariku. Jam 18.00 saya Sholat Magrib berjamah dengan Imam Mas Joe, dilanjut memasak untuk makan malam, kali ini yang kebagian jatah masak adalah Arum & Amri sedang rekan-rekan lain membantu, sedang saya sibuk memotret momen bareng Andri dan Andre. Setelah makan malam saya dan rekan-rekan berkumpul didepan tenda untuk membicarakan summit besok, tetapi setelah melihat kondisi yang memang melelahkan. Akhirnya diputuskan untuk menunda keesokan harinya. Lega saya dengan keputusan ini, mengingat tubuhku kalau dipaksakan tidak akan bisa karena pendakian kali pendakian tadi pagi sangat menguras tenaga.

Tepat jam 21.00 saya dan semua rekan-rekan beristirahat walau besok tidak summit, untuk mengembalikan lagi tenaga yang hilang tadi siang, saya satu tenda dengan Ayu, Amri, Andri, Mas Joe sedang tenda sebelah ada Andre, Mas peggi, Arum, Hadi dan Mas Anto.