Sabtu, 12 Desember 2015

Mencicipi Kuliner Khas Lampung

Hari pertama perjalanan Sosial Media Trip dan Gathering adalah mengunjungi Lampung, kota yang dalam pikiran saya hanya ada keripik pisang rasa coklat, Yenyen dan Bakso Sony, ternyata yang ada dibenak saya salah. Lampung mempunyai banyak kuliner khas. Ketika saya dan rekan-rekan +Indonesia.Travel tiba di Lampung, berkunjung ke Rumah Makan Cikwo. Rumah makan yang beralamat di Jalan Nusa Indah 3 No. 1, Pakis Kawat, Bandar Lampung ini banyak dijumpai jenis kuliner Lampung. Saya dan Rekan-Rekan +Indonesia.Travel  disambut dengan tari-tarian begitu tiba di depan rumah makan.

Para Penari Bermakota Singer di (RM) Cikwo yang menyambut Rekan-Rekan +Indonesia.Travel 

Ibu Isna Pemilik (RM) Cikwo 
Ibu Isna pemilik (RM) Cikwo mengatakan bahwa beliau sengaja menampilkan makanan khas Lampung agar populer kembali kuliner asli Bumi Ruwa Jurai. Di mana sekarang rumah makan di Lampung jarang sekali menampilkan makanan khas, kalaupun ada sedikit sekali. Tetapi (RM) Cikwo menyediakan Seruit, salah satu kuliner khas Lampung.

Seruit adalah kategori makanan yang masuk ke jenis sambal, pelengkapnya adalah berbagai macam lalapan, terong bakar, tempoyak, nasi hangat, ikan pepes dan pindang. Lebih enak lagi saat makan seruit di makan secara bersama-sama seperti saya dan rekan-rekan +Indonesia.Travel. (RM) Cikwo buka setiap hari dari jam 08.00 - 22.00 Wib ada berbagai menu setiap harinya. Beberapa jenis makanan yang disediakan ketika saya dan rekan-rekan +Indonesia.Travel :

Taboh Iwa Tapa Semalam
Makanan ini lebih mirip dengan gulai ikan perbedaannya ikannya diasapin semalam sebelum dimasak adapun bumbu pelengkapnya adalah santan, kunyit, cabe merah, kluwek.
Pandap 
Terbuat dari daun talas muda yang di kukus dengan ikan, kelapa parut, dicampur dengan aneka rempah-rempah. Pandap sendiri berasal dari daerah Krui pada abad ke 18 (delapanbelas).
Buak Tat
Makanan ini terbuat dari ketan hitam dan Lemang, mirip makanan Betawi tape uli.
Cucokh Mandan
Sejenis kue cicin kalau di Betawi terbuat dari tepung beras, santan dan gula aren.
Segubal
Kue ini mirip dengan nastar, bedanya terpotong dengan bentuk kotak-kotak
Kacang Tujin
Sejenis kacang bawang, yang digoreng dibumbui bawang putih dan cabai merah.
Serbat Kweni
Minuman yang terbuat dari mangga kweni, selasih, gula aren dan es batu, menyegarkan.
Susu Jelly Kopi
Minuman ini terbuat dari susu kental hanya jellnya terbuat dari kopi, enak banget loh minuman ini rekan saya Tides sampai nambah.

Taboh Iwa Tapa Semalam
Pandap berasal dari Krui
Buak Tat
Segubal

Cucokh Mandan
Kacang Tujin
Seruit
Serbat Kweni
Susu Jelly Kopi

Puas sudah rasanya merasakan beberapa kuliner Lampung yang bergitu mengoda, tetapi saya tidak bisa menampung semua makanan tersebut, saya hanya makan dengan sayur lodeh, ikan pepes, lalapan dengan minuman serbat kweni dan susu jelly kopi, di (RM) Cikwo ini juga tersedia oleh-oleh sebagai buah tangan. 

Aneka Makanan (RM) Cikwo Lampung
Suasana Makan Malam 
Menu Makan Malam Saya
Oleh-oleh (RM) Cikwo



*Rumah Makan Cikwo beralamat di Jalan Nusa Indah 3 No. 1, Pakis Kawat, Bandar Lampung*
  Buka Setiap Hari 08.00 - 22.00 Wib
  Telp : 0271 5600 248 / 0812 7327 6777
  BBM 269598E4

Perjalanan ini adalah undangan dari Kementerian Pariwisata Indonesia (www.indonesia.travel), Saya dan rekan-rekan media serta blogger akan mengeksplore beberapa tempat wisata di Lampung. silahkan juga cek foto-foto di Facebook, Instagram dan Twitter dengan hastag #SaptaNusantara #PesonaIndonesia #KenaliNegerimu #ExploreLampung.



4 komentar:

  1. beberapa kali ke lampung cuma makan bakso sony, pempek, pindang, baru tau sama makanan-makanan ini, jadi pengen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo dit, iyaa ternyata di Lampung banyak kuliner yg bisa dicoba...kmu apa kbrnya?

      Hapus
  2. Yuk Kakak Kunjungi Pusat Oleh-Oleh Makanan Lampung | www.makananlampung.com Menyediakan: Kerupuk Lampung, Kerupuk Cumi, Kerupuk Ikan, Keripik Pisang Aneka, Lempok, Lele Asap, Kopi Lampung, Kopi Luwak, Kopi Durian, Sambal Ikan Peda, Sambal Lampung, Sambal Ijo, Sambal Lingkung dll. Kirim Keseluruh Indonesia - Alamat: Jl. B. Manti 03, Kedaton Bandar Lampung - 35143

    BalasHapus
  3. Aku juga pengen balik lagi dit, kmu apa kbrnya?

    BalasHapus

Press Conference Festival Pesona Lokal Adira Finance

Selasa, 07 Agustus 2018 saya menghadiri undangan Press Conference Festival Pesona Lokal persembahan Adira Finance bertempat di Ballroom l...