Sabtu, 05 September 2015

eDAN-eDANan Festival Kesenian Yogyakarta 2015




Sore itu Aku, Mas Rois, Pakde dan Ajo janjian akan datang ke acara pembukaan FKY ramai sekali pikirku. Aku dan Pakde hunting foto bareng sedangkan Mas Rois dan Ajo ikutan pawai jalanan bersama kontingen Marching Bleck dari Jodok Bantul. Festival Kesenian Yogyakarta ke 27 yang di buka pada tanggal 19 Agustus 2015 diawali dengan pawai jalanan dari GPPH UGM - Perempatan Selokan Mataran dihadiri oleh 30 kontingen dari Kota dan Kabupaten di Yogyakarta.

Tema FKY ke 27 ini adalah Dadan yang dalam bahasa jawa berarti bersolek dan berbenah. Bersolek identik dengan aktivitas yang menuntun pada estetika, paras atau penyajian. Sedangkan berbenah  identik dengan upaya perbaikan fisik dan non fisik.

Konsep FKY 27 ini adalah upaya untuk menyajikan seni dan budaya Yogyakarta, baik wilayah kota maupun kabupaten  sebagai wujud karakter dari Yogyakarta sebagai kota seni dan budaya.





Adapun tema pawai jalanan ini adalah eDAN-eDANan yang dimulai pukul 3 sore ini berjalan sekitar 800 meter  terdiri dari 30 kontingen yang ikut pun berdadan meriah sekali.  Ndandani membutuhkan peran serta semua masyarakat baik laki-laki maupun perempuan. 

Meskipun perserta yang ikut pawai jalanan ini berbeda  namun mereka tetap mampu menyajikan dan menjadikan paras seni budaya Yogyakarta yang lebih baik, ada kontingen dari Palangkaraya Kalimantan Tengah dengan kostum Dayak dengan tarian dan alat musiknya, ada Marching Bleck dari Jodok Bantul dengan kostum unik dan alat musik sederhana namun bisa menyajikan sebuah seni yang elegan.




Adapun acara Festival Kesenian ini berlangsung dari 19 Agustus - 05 September 2015 berlangsung di Taman Kuliner Condong Catur. Terdiri dari berbagai macam acara antara lain Pawai Jalanan, Pasar Seni FKY, Panggung Pertunjukan, Lomba dan Workshop, Pangung Edan-Edanan, Sastra : Ini Muka, Siapa Punya?, Bioskop FKY, Panggung Senyap, Paperu : Laras Sinawang, Diskusi Seni FKY, Teater FKY, JVMP.

Acara FKY 27 ini pun ditutup dengan sangat meriah pada hari Sabtu, 05 September 2015 di Taman Kuliner Condong Catur, sampai jumpa tahun depan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kopka Kedai Favorit Di Margonda, Depok

Ada yang tahu nggak kalau ada kedai kopi asik di Margonda, Depok? Jawabannya ada, kedai kopi yang asik banget buat nongkrong, ngerjain...