Jumat, 10 April 2015

Kopi Bajawa yang Mendunia


Kopi Bajawa saat masih diatas pohon..
Kopi Bajawa saat masih diatas pohon..
Kopi Bajawa
Kopi Bajawa
Kopi-kopi di jemur setelah di panen
Biji-biji kopi  di jemur setelah di panen
Ini kedua kalinya saya datang ke Kota Bajawa. Kota yang dingin di kaki Gunung Inerie Flores Nusa Tenggara Timur ketika itu saya tempuh 4 (tiga) jam dari Ende dengan Bus, kembali ke kota ini saya tidak hanya menikmati bermain di Desa Bena peninggalan megalitikum yang masih hingga kini, tetapi dibalik semua itu Bajawa memiliki hasil kopi yang luar biasa.
Saya tahu tentang Kopi Famasa Bajawa ini dari salah satu rekan dari Kupang, dimana info tersebut dari Ibu pemilik homestay tempat menginap. Siang hari setelah pulang dari Desa Bena, Desa Bela dan main di Pasar Bajawa  saya sempatkan mampir ke KSU (Koperasi Serba Usaha) Famasa yang terletak di Desa Baewali Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur  sekitar 3 Km dengan naik ojek Rp. 15.000,- pulang pergi waktu tempuh sekitar 15 menit.
Di KSU Famasa ini kopi diolah secara keseluruhan dari proses jemur, sangrai, penggilingan sampai halus dilakukan secara sederhana hingga cara memasukan kedalam kemasan.
Kopi Famasa Bajawa Flores NTT dalam kemasan dan selendang Flores
Kopi Famasa Bajawa Flores NTT dalam kemasan dan selendang Flores
Kopi Famasa ini tidak akan bisa di temui di super market atau pasar, karena hanya di jual di KSU. Jadi jika kamu sedang di Kota Bajawa hendaklah mampir ke KSU Famasa ini dan nikmatilah Kopi Flores sesungguhnya. Saya juga bukan pengila kopi, tetapi setiap daerah yang pernah saya kunjungi saya akan mencobanya, ternyata memang Kopi Flores luar biasa.
Kopi Famasa Bajawa ketika sudah masuk dalam kemasan
Kopi Famasa Bajawa ketika sudah masuk dalam kemasan
Ketika saya datang dan berbincang dengan Pak Frans salah satu anggota koperasi menyampaikan bahwa permintaan kopi KSU Famasa ini meningkat bahkan ada 8 (delapan) negara asing seperti Australia, Selandia Baru, Perancis, Jerman, Inggris, Filipina, Thailand dan Jepang datang untuk mencari bubuk arabika ini, KSU Famasa selain menyediakan biji kopi gelondongan, juga menyediakan kopi bubuk arabika yang diproduksi sendiri dalam kemasan yang sudah memenuhi standar kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Petualangan Dari Sudut Pandang - Ika Soewadji -

  Tidak Menyangkal era perkembangan jaman saat ini, memudahkan aku sebagai pejalan untuk melakukan petualangan. Berpetualang bagi aku prib...